Kenali AXIS

Tanggung Jawab Perusahaan

AXIS bangga menjadi sebuah korporasi yang bertanggung jawab. Tanggung jawab sosial perusahaan kami melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk berbagai tingkatan pemerintahan dan komunitas setempat. Kami bangga menawarkan produk dan layanan yang dapat meningkatkan taraf hidup jutaan orang dan mendukung tujuan pemerintah dalam memajukan industri telekomunikasi di Indonesia.
Saat ini, AXIS memfokuskan tanggung jawab sosialnya pada kegiatan amal dan kemanusiaan. Bersama Palang Merah Indonesia, kami mengadakan kegiatan donor darah secara teratur. Karyawan perusahaan membantu dalam mengumpulkan darah yang dibutuhkan oleh para korban bencana alam dan krisis kesehatan lainnya.

AXIS Semangat Muda Indonesia:
Membentuk Karakter Siswa Kreatif dan Inovatif

Sebagai kelanjutan dari program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR), AXIS mengimplementasikan program CSR yang bertema: AXIS "Semangat Muda Indonesia 2013".

Program yang fokus pada kewirausahaan ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan kecakapan dan keterampilan, pelatihan, kolaborasi, dan kemitraan yang berkelanjutan. Dengan menggandeng Dinas Pendidikan, kalangan pengusaha, akademisi setempat, dan sekolah-sekolah pendukung, diharapkan program ini dapat membantu membentuk karakter siswa yang kreatif dan inovatif serta memiliki sikap yang mandiri.

Peluncuran Program CSR AXIS "Semangat Muda Indonesia 2013": 28 Februari 2013

AXIS "Semangat Muda Indonesia 2013" secara resmi diluncurkan pada tanggal 28 Februari 2013, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 44, Jakarta Pusat. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Pusat, rekan-rekan jurnalis dari media cetak dan online, para siswa dari sekolah utama dan sekolah pendukung, Tim AXIS dan juga memperkenalkan Adrie Subono serta Diana Rikasari sebagai Tim Juri Nasional untuk AXIS Business Plan Competition.

Acara dibuka dengan beberapa Sambutan, dilanjutkan dengan Penandatanganan Bersama di atas Plakat berbentuk "Buku". dilanjutkan dengan Mini Talk Show. Press Conference dilaksanakan pada hari yang sama, menghadirkan Wahyudin S. Adikusumah, Human Resources Director AXIS, Adrie Subono - Entrepreneur dan CEO PT JAVA Musikindo serta Diana Rikasari - Fashion Blogger dan CEO UpShoes, sebagai narasumber.

Workshop "Kewirausahaan" AXIS di 7 (tujuh) Kota: 28 February - 21 Maret 2013

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Pembukaan Workshop "Kewirausahaan" yang pertamakalinya diadakan di lokasi yang sama, di Jakarta, dilanjutkan ke 6 (enam) kota lainnya yang berada di wilayah pemasaran AXIS: Bandung (Jawa Barat), Yogyakarta (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Badung (Bali-Nusra), Pekanbaru (Sumatera bagian Tengah), dan Medan (Sumatera bagian Utara).

AXIS Essay Writing dan Business Plan Competitions, Nationwide

Rangkaian kegiatan CSR AXIS tahun 2013 yang ditujukan bagi para siswa kelas X dan XI SMA/SMK adalah:
Essay Writing dan Business Plan Competition. Bertindak sebagai Tim Juri tingkat nasional untuk Business Plan Competition adalah Adrie Subono - Entrepreneur dan CEO PT JAVA Musikindo serta Diana Rikasari - Fashion Blogger dan CEO UpShoes.

Pengumpulan Business Plan Proposal paling lambat: 5 Mei 2013

Pengumpulan Essay Writing paling lambat: 31 Mei 2013

Penerbitan teenlit: Kewirausahaan

Sebagai tahap akhir program,AXIS akan menerbitkan teenlit (teenagers' literature), sebuah buku tentang kewirausahaan yang akan diluncurkan menjelang akhir tahun 2013.

AXIS Peduli Korban Banjir Jakarta

Hujan deras yang melanda kota Jakarta dan sekitarnya beberapa minggu lalu, telah melumpuhkan ibukota. Puluhan ribu warga terpaksa meninggalkan rumah dan kehilangan harta bendanya untuk mengungsi ke tempat-tempat penampungan yang lebih aman. Bencana banjir ini menyisakan banyak permasalahan. Tak hanya infrastruktur yang rusak, lalu lintas macet total, korban sakit dan beberapa korban dilaporkan meninggal.

Tim Corporate Social Responsibility (CSR) AXISers berinisiasi untuk menggalang donasi yang dimulai pada 21-23 Jakarta 2013. Melalui Koordinator di setiap lantai kerja Kantor Pusat AXIS di Jakarta, AXISers mendonasikan uang tunai, pakaian layak pakai, perlengkapan dan makanan bayi, dan sebagainya.

Semua donasi diserahkan ke Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT Foundation), sebuah lembaga kemanusiaan yang mengkhususkan kegiatannya pada penanganan bencana alam dan bencana kemanusiaan secara terpadu (Integrated Disaster Management) pada Jumat, 25 Januari 2013. Berdasarkan Laporan yang disampaikan pihak ACT Foundation, jumlah pemetik manfaat langsung donasi AXIS adalah sebanyak 1.920 jiwa atau 560 kepala keluarga.

Inisiatif Hijau (Green Initiatives)

9 Januari 2009 - AXIS Tunjukkan Komitmennya Menjadi Operator Telekomunikasi 'Hijau' dengan Mengoperasikan Base Station Berbasis Tenaga Surya
AXIS terus membuktikan komitmen jangka panjangnya dalam tanggung jawab terhadap lingkungan melalui peluncuran Base Transceiver Station (BTS) hijau pertamanya di Minas Barat, Sumatera, melengkapi program Reduce, Reuse, Recycle yang terus berlangsung dimana keduanya merupakan program berkelanjutan perusahaan. AXIS meluncurkan program Go Green tahun lalu dan merupakan operator yang aktif di asosiasi global GSM Green Power for Mobile Program serta mendapatkan nominasi untuk Green Mobile Award di Mobile Asia Congress 2008 yang baru-baru ini diselenggarakan di Macau. AXIS akan terus mencoba memanfaatkan solusi energi alternatif baru dan pemanfaatan teknologi hemat energi sepanjang tahun 2009 dan di tahun-tahun berikutnya untuk sedapat mungkin mengurangi dampak terhadap lingkungan.

29 Januari 2009 - AXIS Operasikan Menara Telekomunikasi Bertenaga Hidrogen
AXIS telah membuat langkah penting dalam inisiatif "Hijau"-nya dengan mengoperasikan Base Transceiver Station (BTS) bertenaga hidrogen yang berlokasi di Sei Mencirim, Deli Serdang, Sumatera Utara. BTS yang ramah lingkungan ini menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar yang akan menyediakan tenaga cadangan apabila pasokan listrik PLN mengalami gangguan. BTS bertenaga hidrogen ini mengunakan teknologi termutakhir dimana gas hidrogen dikonversikan langsung dalam suatu reaksi elektrokimia menjadi tenaga listrik. Sisa pembuangan dari proses ini adalah air murni, yang sama sekali tidak membahayakan lingkungan.Komitmen AXIS untuk menggunakan teknologi inovatif ini merupakan suatu langkah dalam upaya menciptakan bisnis yang menguntungkan sekaligus ramah lingkungan.

April 2010 - AXIS Implementasikan Penggunaan Fuel Cells Methanol HydroPlus, Teknologi Terbaru Sumber Energi Cadangan
Sejak April 2010, telah dilakukan trial penggunaan fuel cells Methanol Hydroplus sebagai sumber cadangan listrik (backup power) alternatif untuk base transceiver stations (BTS) di dua site (Mekarsari dan Citeras). Fuel Cells Methanol HydroPlus yang menggunakan bahan bakar methanol yang dicampur dengan air merupakan sebuah alternatif dan solusi pembangkit listrik/energi cadangan yang ramah lingkungan karena zat buangan utamanya berupa air (H20). Hasil yang memuaskan berhasil dicapai pada uji coba tersebut. Sampai saat ini, belum ada indikasi penggunaan fuel cells oleh operator lain, ini menjadikan AXIS sebagai operator telco pertama di Indonesia yang menggunakan fuel cells berbasis methanol.

Bantuan untuk Korban Gempa

02 Oktober 2009 - AXIS Mengajak Semua Pelanggannya untuk Menyumbang Dana bagi Korban Gempa di Sumatera Barat
AXIS turut berduka cita atas terjadinya gempa di Sumatera Barat dengan membuka aksi sosial SMS donasi. Semua pelanggan AXIS diundang untuk menyalurkan sumbangannya bagi korban gempa di Sumatera Barat dengan mudah, yaitu dengan mengirimkan SMS ke 1111. Pelanggan AXIS dapat langsung menyumbangkan dana dalam nilai Rp 5.000, Rp 20.000, atau Rp 50.000. Semua sumbangan akan digabungkan dengan dana sumbangan dari perusahaan untuk disampaikan kepada korban gempa yang membutuhkan di Sumatera Barat.

14 Oktober 2009 - Penonton AXIS Jakarta International Java Soulnation Festival Turut Menyumbang Dana bagi Korban Gempa di Sumatera Barat
AXIS, operator GSM dan 3G title sponsor AXIS Jakarta International Java Soulnation Festival, menyatakan akan mengalokasikan Rp10.000 dari setiap tiket AXIS Jakarta International Java Soulnation Festival ke-2 yang terjual di AXIS Center untuk disumbangkan bagi korban gempa di Sumatera Barat. Sesuai dengan tema festival, "One Nation One Rhythm", inisiatif ini mengekspresikan semangat Indonesia Bersatu di kalangan generasi muda. Seluruh sumbangan yang terkumpul disalurkan melalui Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

21 Desember 2009 - AXIS menyerahkan bantuan berupa 6 (enam) koli pakaian laik pakai kepada para korban benca gempa bumi di Jorong Salisikan Nagari, Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai dan Jorong Sikabu Nagari, Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Sumatera Barat.

Penyediaan Fasilitas Air Bersih

06 Oktober 2009 - AXIS Bangun Sarana Air Bersih untuk Mendukung Program "Bersih itu Baik"
AXIS melanjutkan langkahnya dalam program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan membangun sarana air bersih bekerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia. Program ini adalah bagian dari program "Bersih itu Baik" yang mulai dicanangkan AXIS hari ini di Cirebon, Jawa Barat. Pembangunan sarana air bersih ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat setempat dalam mendapatkan air bersih dan mensosialisasikan pola hidup bersih di daerah tersebut. Program serupa juga dilaksanakan di daerah lain di Bandung, Karawang, Medan dan Semarang.

Program Rekonstruksi Terintegrasi Pasca Gempa di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat

29 Januari 2010 - AXIS Menandatangani MoU dengan Kemitraan untuk program CSR : Program Rekonstruksi Terintegrasi Pasca Gempa yang berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.
Proyek kerjasama ini dilaksanakan dari Februari 2010 sampai Februari 2011. Proyek ini akan meliputi 3 tahap utama, yaitu:

Tahap 1, untuk memulihkan infrastruktur pendidikan dan kesehatan masyarakat, serta memberdayakan program inisiatif kesiapan bencana. Yang meliputi:

  • 20 April 2010 - Peletakan Batu Pertama sebagai simbol dimulainya program rekonstruksi SDN 10, Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat.
  • 25-28 Mei 2010 - Memberikan pelatihan kepada para pelatih program Kesiapan Menghadapi Bencana untuk komunitas sekolah dengan hasil 15 Sekolah Dasar Negeri di Sungai Limau telah menghasilkan dan mengimplementasikan Prosedur Operasi Standar untuk sekolah mereka dan melatih para siswanya secara berkala untuk selalu siap kapan saja bencana alam akan terjadi. Pelatihan diikuti oleh 32 orang guru, kepala sekolah dan perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Sungai Limau.
  • 6-8 Oktober 2010 - Pelatihan Pertolongan Pertama, Respon dan Penanggulangan Bencana Alam untuk 30 pekerja kesehatan di Kabupaten Padang Pariaman. Termasuk dalam pelatihan ini adalah modul-modul untuk Wash, Sanitation and Hygiene (WASH) dan Sphere (standar minimum respon bencana alam).

Tahap 2, untuk meningkatkan ketatalaksanaan dalam program kesiapan pemerintah menghadapi bencana alam. Yang termasuk dalam program ini adalah:

  • 23-24 Oktober 2010 - Focus Group Discussion (FGD) untuk merumuskan Manajemen Respon Bencana Alama, yang dihadiri oleh 100 perwakilan para pemangku jabatan lokal.
  • 25 Oktober 2010 - Upacara pembukaan menandai telah selesainya rekonstruksi dan renovasi fasilitas, SDN 10 Sungai Limau dan sebuah pusat kesehatan masyarakat, PUSKESMAS Lubuk Alung yang berlokasi di Padang Pariaman, Sumatera Barat.
  • 8- 9 Desember 2010 - Sebuah seminar lanjutan diikuti oleh 100 perwakialan dari para pemangku jatan lokal (komunitas sekolah, komunitas kesehatan, para tokoh masyarakat, media, akademisi, pemernitahan, LSM/LSM Internasional) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Padang Pariaman berdiskusi secara mendalam tentang Manajemen Penanganan Bencana. Sebagai hasil dari seminar ini: BPBD Padang Pariaman menyusun Rencana Strategis Manajemen Penanganan Bencana 2011.
  • 1 Februari 2011 -AXIS bekerja sama dengan Kemitraan dan Pemerintah Daerah Sumatera Barat mengadakan "Seminar Sehari untuk Ketatalaksanaan Manajemen Penanganan Bencana di Sumatera Barat. Seminar yang dihadiri 100 perwakilan dari berbagai pemangku jabatan lokal ditujukan untuk menyebarluaskan berbagai kegiatan yang telah di pelopori oleh AXIS - Kemitraan dalam Ketatalaksanaan Manajemen Penanganan Bencana yang Baik, terutama bagi BPBD in 8 Kabupaten/ Kota rawan bencana di propinsi Sumatera Barat. Seminar ini juga menandai penutupan program Tanggung Jawab Perusahaan AXIS di wilayah Sumatera Barat.

Tahap 3, Pengawasan dan Evaluasi telah dilakukan oleh tim AXIS dan Kemitraan

Sehat Bersama Komunitas Sekolah AXIS

Di tahun 2011 ini, PT AXIS Telekom Indonesia (AXIS) mengimplementasikan program CSR yang berlandaskan pada 3 pilar utama, yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi. Tujuan program ini adalah membangun generasi muda Indonesia yang sehat, kreatif, dan mandiri dengan menyasar remaja yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Kejuruan (SMK). Program CSR ini dilaksanakan di 10 (sepuluh) SMA/SMK terpilih yang berada di kota Jakarta, Bekasi, Indramayu, Purwakarta, Kudus, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Dumai, dan Batam dari 5 (lima) region AXIS: Jabodetabek, West Java, Central Java, East Java, dan Northern Sumatera. Dalam mengimplementasikan program CSR ini, AXIS bekerjasama dengan Humanitarian Forum Indonesia (HFI) selaku mitra pelaksana program.

Fase Pertama: 22 September 2011 - 29 Oktober 2011

Pendidikan dan Kesehatan

Workshop: Internet Sehat dan Aman serta Gaya Hidup Sehat
Dengan menerima edukasi dan pemahaman yang benar tentang Internet, para peserta workshop yang terdiri dari para siswa dan guru dari sekolah utama dan sekolah terdampak, mendapat pengetahuan baru dari para pemakalah dan fasilitator program. Selain itu, workshop yang menerapkan metode partisipatori aktif ini mengajak para peserta untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip hidup sehat jasmani dan rohani yang pada akhirnya akan menuju pencapaian gaya hidup yang sehat.
Total peserta workshop: 425 orang dari 169 sekolah

Fase Kedua: 22 Oktober 2011 - 25 Nopember 2011

Ekonomi

Pelatihan: Kewirausahaan
Pada Fase ini, para peserta pelatihan diajak untuk menggali potensi diri dan menumbuhkan jiwa kewirausahaannya. Peserta juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun Rencana Bisnis. Tujuannya adalah bila mereka nanti menamatkan pendidikannya di SMA/SMK dan harus membuat suatu pilihan, maka menjadi wirausahawan muda dapat menjadi pilihan yang tepat. Hadir sebagai fasilitator dan pemakalah adalah para narasumber yang kompeten di bidangnya, termasuk para pengusaha yang khusus diundang dalam pelatihan tersebut untuk berbagi jurus jitu. Sebagai wadah kreativitas dan hasil inovasi para peserta, AXIS mengadakan Lomba "Menyusun Rencana Bisnis 2011 Bersama AXIS" yang memperebutkan hadiah menarik dengan total ratusan juta Rupiah bagi Juara 1, 2, dan 3 dari 10 kota di atas.
Total peserta training: 430 orang dari 173 sekolah

Fase Ketiga: 27 Nopember 2011 - 26 Januari 2012

Program Penutup: Pentas Seni (PenSi), Talk Show, dan Bazar Sekolah
Rangkaian akhir dari Fase Pertama dan Kedua ditutup dengan berbagai Pentas Seni dan Olahraga yang diadakan di Purwakarta, Batam, Yogyakarta, Surabaya, dan Bekasi. Pengumuman Pemenang Lomba disampaikan pada Januari 2012.
Total pengunjung yang menghadiri PenSi di 5 kota: 4.428 pengunjung dari 68 sekolah