Pro Evolution Soccer

Salah satu game sepakbola yang paling digemari adalah Pro Evolution Soccer (PES). Game ini digemari lantaran grafis serta fitur-fitur yang beragam.

Game yang kini telah digantikan oleh eFootball ini sudah punya banyak seri. Di antara seri-seri tersebut, beberapa di antaranya dianggap sebagai seri terbaik. Lalu, apa saja seri game PES terbaik itu?

  • PES 2013

Seri PES terbaik pertama jatuh pada PES 2013. Seri yang dirilis pada 2012 ini dianggap terbaik karena gameplay-nya yang begitu dinamis.

PES 2013

Banyak yang menyukai seri PES ini. Bahkan, seri ini masih dimainkan di beberapa rental PS. Sayangnya, seri PES ini sudah di-update lagi oleh pihak pengembang.

  • PES 2017

Bisa dibilang kalau seri PES ini cukup kekinian. Hal itu tak lepas dari penggunaan fitur Artificial Intelligence (AI) yang ada di dalamnya.

PES 2017

Fitur tersebut membuatmu bisa memainkan game ini secara online dengan lancar. Seri ini juga punya grafis dan gameplay yang sangat bagus sekali dibanding seri-seri sebelumnya.

  • PES 2016

Sebelum PES 2017, ada satu seri PES lain yang bisa dikatakan terbaik. PES 2016 adalah seri PES tersebut. Seri PES ini sendiri dianggap mampu memperbaiki kegagalan pada PES seri 2015 dan 2015.

PES 2016

Keunggulan seri PES ini adalah gameplay-nya yang lebih dinamis dari seri-seri sebelumnya. Seri ini juga dilengkapi memakai Fox Engine yang membuat grafisnya begitu realistik dan keren.

  • PES 2010
Baca:   5 Game Ringan untuk Handphone Kentang

Saat pertama kali memainkan game ini, kamu akan disuguhkan montase pertandingan antara FC Barcelona vs Liverpool. Montase itu ditampilkan dengan grafis yang menarik dan sedap dipandang mata.

PES 2010

Hal itu membuat seri PES satu ini terlihat begitu estetis. Kelebihan utama seri ini sendiri adalah fitur menunya yang begitu menarik. Fitur tersebut dirancang sedemikian rupa, sehingga terlihat seperti pamflet.

  • PES 2011

Setahun setelah PES 2010 dirilis, Konami selaku pengembang mengeluarkan seri PES lainnya yang juga tergolong the best. PES 2011 adalah seri yang dimaksud.

Pada seri inilah nama seorang Lionel Messi dikenal luas. Pemain yang saat itu masih membela FC Barcelona tersebut diplot sebagai cover utama dari seri PES ini.

Ada sejumlah peningkatan yang dilakukan Konami untuk seri PES ini. Dua di antaranya yang cukup signifikan adalah sistem kendali dan pengaturan strategi.

PES 2011

Dari sektor sistem kendali, PES 2011 menawarkan sistem kendali yang bikin pengguna bisa mengendalikan para pemain secara penuh. Mulai dari menendang, hingga menggocek pemain lawan.

Sedangkan di sektor pengaturan strategi, PES 2011 menawarkan sistem drag & drop. Dengan adanya sistem tersebut, pengguna tak hanya bisa mengganti pemain saat pertandingan saja. Tetapi, juga diberi gambaran soal kemungkinan strategi lain yang bisa mereka pakai.

Baca:   10 Tips & Trik Pemula Bermain Game Genshin Impact

Seri PES Klasik dan Terbaik

Seri PES Klasik dan Terbaik

  • PES 3

Ini adalah salah satu seri PES yang cukup klasik sekaligus terbaik. Walau grafisnya tidak secanggih seri-seri setelahnya, PES 3 tetap dianggap terbaik lantaran sejumlah kelebihan di dalamnya.

Salah satunya adalah kehadiran fitur multitap. Kehadiran fitur ini membuat PES 3 bisa dimainkan hingga 4 orang. Cover pada seri ini bisa dibilang cukup beda dari beberapa seri lainnya.

Biasanya, PES akan memajang pemain bola yang sedang naik daun sebagai cover utama. Namun, pada PES 3, cover utamanya justru adalah seorang wasit ikonik bernama Pierluigi Collina.

Wasit asal Italia itu dipilih sebagai cover utama lantaran kepemimpinannya yang tegas. Terutama, saat menjadi wasit di Piala Dunia 2002.

Seri PES ini dulunya hanya dirilis untuk pengguna PS2 dan PC saja.

  • PES 4

Ada satu seri PES lainnya yang masuk kategori klasik sekaligus terbaik. PES 4 adalah yang kami maksud. Seri ini dirilis tepat satu tahun setelah PES 3.

PES 4 sendiri dirilis saat orang-orang mulai gandrung dengan PS2. Seri bernama lain Winning Eleven 8 ini memajang beberapa nama ikonik sebagai cover utama.

Mulai dari Thierry Henry yang masih menjadi jagoan Arsenal, sampai Pierluigi Collina yang kembali dipercaya mengisi cover utama game keluaran Konami ini. Di seri ini, untuk pertama kalinya PES menampilkan sosok wasit di tengah lapangan saat pertandingan berlangsung.

  • PES 2018
Baca:   10 Tips Bermain PUBG Mobile untuk Pemula

Daftar seri PES terakhir yang masuk kategori terbaik adalah PES 2018. Seri PES ini mungkin cukup disukai fans Barcelona, lantaran adanya lima pemain Barca yang diplot mengisi cover utama.

Kelimanya adalah Lionel Messi, Andres Iniesta, Luis Suarez, Gerard Pique, dan Philippe Coutinho. Pada seri ini, Konami bereksperimen dengan memasukkan fitur Real Touch+ ke dalam seri ini.

Fitur tersebut membuat pemain bisa bereaksi saat menerima bola dari beberapa bagian tubuh mereka. Seperti kepala, kaki, dan dada.

Itulah beberapa seri PES yang dianggap terbaik. Diantara semua seri tersebut, mana yang menurutmu terbaik, serta mana yang pernah kamu mainkan?

Leave a Comment